Nearmis – Safety Helm- dipakai terbalik atau dilepas ????

Helm DiputarBagi surveyor tambang yang setiap harinya menggunakan safety helm untuk bekerja, saya yakin mempunyai masalah dengan front cap safety helm. Mengapa demikian, front cap /Peak tersebut akan selalu mengetuk-ngetuk-Lensa body di alat ukut teodolit atau Total Station. Hal yang bisa dilakukan oleh para surveyor adalah memakai safety helm tersebut terbalik atau “dilepas” saffety helmnya. Regulasi PPE untuk penggunaan safety helm adalah “Wajib” – malahan untuk underground mining – PPE – safety helm ini menjadi Sangat Wajib.

helm dilepasMisapplication atau Misimplementation suatu alat – khususnya APD (Personal Preventif Equipment -PPE) dapat dikatakan sebagai “Nearmiss’ .  —Lantas Bagaimana Solusinya . – khususnya untuk teman-teman di Under Grouns Mining- Dimana selain Fungsi PPE- biasanya safety helm di Underground mining dilengkapi dengan “Head Lamp” .

Beberapa produsen safety helm mengeluarkan produk dengan front cap yang pendek, Contohnya PRO safety Equipement mengeluarkan produk Construction Safety Helmets   Model No. YS-8B  Pro Helmetatau MSA yang mengeluarkan helm model Linesman MSA helmet

3 Responses

  1. Lha, memang betul itu Kang Zaim, front cap / peak kadang ngganggu waktu ngintip theodolit. Bagusnya safety helmet utk surveyor dimodifikasi ulang tanpa front cap / peak [ tapi jadi nggak keren krn kayak pake “bathok kelapa”]. Khan fungsi helmet tidak berkurang, kalo untuk melindungi dari sinar matahari langsung, di double pake topi. Kalo nggak, tambahi saja theodolitnya dengan extension di bagian lensa okuler, jadi nggak “nyundul” waktu ngintip theodolit.

  2. Di buat aja Job Safety Analysisnya dulu..

  3. This is bullshit

Leave a comment